SMKN 4 KUPANG ADAKAN SEMINAR LITERASI

Kupang,Suryatts.com, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri ( SMKN) 4 Kupang mengadakan Seminar dengan thema ” Gerakan Literasi Dan Pengembangan Kewirausahaan Serta Dukungan Media Dalam Menyambut Revolusi Industri 4,0 Di SMKN 4 Kupang”, yang berlangsung di aula SMKN 4 Kupang, Sabtu (06/04/2019)

Sebagai narasumber, Christian Mboik, mengatakan, membaca itu haruslah menjadi sebuah kebiasaaan karena dengan membaca dapat mengetahui dan memudahkan segala hal.

” Mulailah membaca, bacalah bacaan apa saja, karena dengan membaca kita dapat mengetahui segala hal dan budaya ini harus dibiasakan baik itu di rumah, sekolah bahkan dimana saja,” ungkap Chris.

Lanjutnya, Budaya literasi ini perlu dibiasakan minimal 2 jam sehari karena mereka yang mau maju perlu belajar banyak dan belajar setiap saat sepanjang hidupnya.

Apalagi diambang revolusi industri 4,0, kita perlu cepat untuk menangkap peluang ini dan jika tidak maka kita ketinggalan da  sebagai Sekolah Menengah Kejuruan, SMKN 4 Kupang diharapkan siap menangkap peluang dan berkompetisi di dunia kerja.

” Siswa/i SMKN 4 sudah tepat pada Sekolah yang sudah dipersiapkan di dunia kerja, karena itu kesempatan ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin karena hanya lewat belajar para siswa bisa bertumbuh”, ujar Mboik.

Dikatakan, kalau mau tetap eksis, diharapkan para siswa/i SMKN 4 Kupang haruslah dimulai dengan semangat literat membaca untuk menambah pengetahuan, wawasan dan skill.

Sedangkan Kepala Sekolah SMKN 4 Kupang, Semy Ndolu, S.Pd, mengatakan, Seminar Literasi ini bertujuan untuk memberikan penyadaran dan motivasi bagi para Guru dan siswa untuk memberikan pemahaman yang baik tentang pentingnya literasi itu.

” Kalau orang sudah tahu manfaat literasi baru dia lakukan tapi kalau belum tahu manfaatnya dia merasa bahwa ini hanyalah formalitas belaka”, ujar Semy.

Dikatakan, dengan membaca dapat menambah pengetahuan tapi juga merubah karakter, karena orang yang rajin membaca banyak memiliki informasi yang baik pasti membentuk pola pikirnya, gaya hidupnya, dan cara berbicaranya.

“Karena itu gerakan literasi sekolah ini sangatlah penting khususnya di SMKN 4 Kupang”, ungkapnya.

Lanjut,Semy, Kalau berbicara literasi tidak hanya sekedar hanya membaca, menulis tapi bagaimana mengakses informasi – informasi yang positif untuk membangun diri.

Karena itu kita mendorong siswa/i SMKN 4 Kupang untuk memiliki semangat berwirausaha apalagi sudah masuk dalam ambang revolusi indistri 4,0 ini.

Menyikapi hal ini maka kita harus cepat menangkap peluang ini dengan membuka jaringan link and match dengan kenyataan faktual seperti techno park seperti seminar literasi yang diadakan pada hari ini.

Dikatakan, selain seminar Literasi, SMKN 4 Kupang juga mengadakan MoU kerjasama dengan media Harian Victory News.

” Salah satu poin kerjasama kita dimana pihak media Victory News bersedia menerima siswa/i SMKN 4 Kupang untuk melakukan pemagangan disana”, ujar Ndolu.

Pantauan SuryaKupang, nampak hadir dalam seminar tersebut diantaranya, Para Guru dan Siswa/i SMKN 4 Kupang dan tamu undangan lainnya.( Agus Kefi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *